Alasan Apple Gunakan Layar LCD OLED di iPhone

Inilah 5 Alasan Apple Pakai Layar LCD OLED di iPhone Leave a comment

Layar LCD OLED merupakan salah satu keunggulan yang dihadirkan oleh Apple pada produk iPhone dan iPad. Teknologi layar ini semakin populer dan selalu menjadi perbincangan hangat oleh tech enthusiast karena memiliki hasil tampilan terbaik di kelasnya.

Lalu apa saja sebenarnya alasan Apple menggunakan teknologi OLED pada perangkat iPhone? Berikut ini alasannya:

Kenapa Apple Pilih Menggunakan Layar OLED Retina?

Menggunakan teknologi OLED memang bukan keputusan sembarangan yang dilakukan oleh Apple. Pasalnya, layar dengan teknologi ini mampu menghasilkan rasio kontras dan resolusi yang lebih tinggi.

Perlu Anda ketahui, bahwa layar Retina dan Super Retina yang diklaim oleh Apple merupakan tampilan yang dihasilkan oleh teknologi OLED. Karena iPhone memiliki standarnya sendiri dengan memberikan pengalaman yang lebih untuk penggunanya melalui tampilan yang luar biasa.

Teknologi OLED mampu memancarkan cahaya pada setiap pixel yang terdapat pada layar secara menyeluruh, sehingga akan menampilkan layar yang lebih tipis. Selain itu, dengan menggunakan layar LCD OLED iPhone juga memberikan tampilan dengan dukungan akurasi warna yang paling terbaik di industri ponsel saat ini.

Teknologi LCD OLED Hasilkan Layar Retina

layar lcd oleg iPhone

Dikutip dari website resmi Apple

Apple percaya bahwa layar OLED terbaik yang ada pada seri iPhone X, iPhone XS, iPhone XS Max, iPhone 11, iPhone 11 Pro, iPhone 11 Pro Max, iPhone 12, iPhone 12 Mini, iPhone 12 Pro menghasilkan layar Super Retina dengan akurasi warna terbaik di industri

Karena Layar Super Retina ini memiliki kontras yang luar biasa, dengan kecerahan tinggi, serta gamut warna lebar yang sudah berstandar bioskop. Serta memiliki sistem warna terbaik, dengan kalibrasi warna yang presisi dan menghasilkan pengalaman yang lebih optimal.

Maka hal tersebutlah yang menjadikan salah satu alasan mengapa Apple menggunakan OLED sebagai teknologi tampilan layar pada produk iPhone. Namun, sebelum lebih lanjut kita membahas mengenai alasan Apple menggunakan teknologi OLED pada layarnya, mari kita pahami lebih dulu apa itu teknologi OLED.

Apa Itu Layar LCD OLED?

OLED merupakan singkatan dari Organic Light Emitting Diode yang merupakan teknologi unggulan pada perangkat Apple. Teknologi ini semakin populer setelah Apple mengumumkan perilisan iPhone X pada 22 September 2017 silam yang menggunakan teknologi layar OLED.

Komponen Layar LCD OLED

Teknologi tampilan yang terkenal dengan bentuk yang fleksibel dan tipis serta berukuran yang tidak mencapai 1 mm ini, memiliki dasar konsep pada pancaran cahaya yang dihasilkan oleh perangkat melalui medan listrik yang didapatkan.

Satu hal yang perlu Anda ketahui juga, bahwa OLED merupakan teknologi tampilan layar yang memberikan hasil layar menjadi lebih luas, fleksibel, serta murah dan juga bisa digunakan pada berbagai kebutuhan layar tampilan.

Sistem Kerja Teknologi LCD OLED

Selain itu OLED juga merupakan layar yang memiliki panel yang memiliki kandungan elemen-elemen organik yang sudah mampu memancarkan cahaya saat dialiri listrik. Meskipun konsumsi daya yang dibutuhkan lebih banyak, sistem teknologi layar LCD OLED ini ternyata mampu menghasilkan level warna hitam yang lebih pekat dan dalam.

Layar LCD OLED memang memiliki spesifikasi yang berbeda dibandingkan dengan jenis layar lainnya yang digunakan pada layar ponsel saat ini. Lalu apa aja sih perbedaan OLED dengan jenis layar LCD lainnya?

Apa Perbedaan OLED dengan Layar Jenis Lain Pada Kelasnya?

Layar OLED memang sangat berbeda dengan jenis layar tampilan lainnya, teknologi OLED sendiri dirancang dengan sistem lebih efisien dengan mengutamakan hasil tampilan yang secara spesifik lebih baik daripada jenis LCD lainnya.

Perbedaan OLED dengan Layar Jenis Lainnya?

1. Kualitas Gambar

Tentunya sudah tidak diragukan lagi bahwa kualitas gambar yang dihasilkan oleh layar LCD OLED jauh lebih baik dibandingkan dengan jenis layar lainnya. Salah satunya adalah pada jenis layar LCD TFT yang meskipun memiliki resolusi tinggi, kualitas gambar yang dihasilkan tidak cukup baik ketika layar berada di bawah sinar matahari akan menghitam pada sudut pandang tertentu sehingga gambar yang ditampilkan tidak cukup jelas untuk dilihat.

2. Komponen

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, bahwa layar LCD OLED memiliki teknologi yang luar biasa dengan komponen yang disusun secara lebih kompleks dan lebih ringkas. Akan tetapi itulah yang menjadi perbedaannya dengan jenis LCD biasa lainnya. Pada jenis LCD biasa komponennya menggunakan backlight untuk menerangi pixel yang terdiri dari satu buah kristal cair yang digunakan sebagai sebuah titik cahaya. Kristal cair tersebut tidak bisa memancarkan cahaya, akan tetapi membutuhkan cahaya di dalam sebuah perangkat LCD adalah lampu berwarna putih pada bagian belakang susunan kristal cair.

komponen lcd

3. Efisiensi dan Harga

Perbedaan lainnya pada layar LCD OLED dengan layar jenis lainnya adalah tampilan desain OLED lebih ringan dan lebih mudah diproduksi dibandingkan dengan jenis layar AMOLED yang meskipun spesifikasinya di khususkan untuk panel ponsel, akan tetapi biaya produksinya masih cukup besar. Sehingga beberapa produsen khawatir jika menggunakan jenis AMOLED akan menambah cost produksi dan kurang diterima oleh pasar.

OLED VS AMOLED

Selain OLED teknologi layar AMOLED juga memiliki spesifikasi yang wajib dipertimbangkan. Karena AMOLED merupakan bentuk pengembangan dari layar LCD OLED pasif biasa, yang bisa mengubah setiap piksel dengan efisien dan secara langsung.

lcd amoled vs oled

Memiliki fungsi sentuh (touchscreen) secara langsung, teknologi AMOLED tidak lagi memerlukan lapisan kedua di atas layarnya, karena hal ini sudah melalui metode penambahan sensor pada sel organik dari LED. Sehingga, tidak heran hal ini mampu menambah ketebalan layar mencapai per seribu mili meter, dan tidak akan mengurangi ketajaman/meredupkan gambar akibat pemasangan dalam dua panel.

Baca selengkapnya penjelasan jenis-jenis LCD di sini.

AMOLED Lebih Dari OLED?

AMOLED yang merupakan bentuk perkembangan dari teknologi layar yang dikenal dengan Thin Film Transistor atau TFT. Sehingga teknologi ini merupakan hasil dari perpaduan antara teknologi OLED dengan matrix TFT LCD konvensional. Teknologi yang pertama kali dikeluarkan dan diperkenalkan oleh Samsung ini, meluncurkan inovasi terbarunya melalui teknologi layar sentuh AMOLED ini.

Kelebihan dan Kekurangan LCD AMOLED

Layar LCD AMOLED tentunya memiliki keunggulan dibanding dengan layar LCD dengan teknologi lainnya. Tampilan layar LCD AMOLED ini memiliki tingkat kecerahan tinggi, dengan mengemas fitur penyetelan RGB yang bisa membuat warna foto atau video lebih stabil dan tajam.

AMOLED juga memiliki tingkat konsumsi energi yang rendah, dan mampu menghemat daya hingga lebih dari 40 persen dibanding dengan teknologi layar lainnya. Namun, layar ini juga memiliki kekurangan loh, karena pembuatan layar ini masih tergolong cukup rumit dan cukup baru.

Sehingga tak heran, jika perangkat yang menggunakan teknologi layar ini masih relatif mahal. Fitur dan kecanggihan pada AMOLED memiliki komponen harga lebih mahal sehingga masih banyak produsen yang bertahan dengan tipe layar lainnya, dengan tujuan menekan harga jual dan produksi.

Persamaan LCD OLED dan AMOLED

Meskipun di klaim dengan teknologi yang baik dibandingkan dengan OLED, ternyata layar LCD AMOLED juga memiliki persamaan dengan LCD OLED. Seperti ketipisan layarnya yaitu 0.001 mm, dengan spesifikasi pekat warna hitam yang sama jika terkena sinar matahari. Sehingga keduanya sama-sama tidak lagi membutuhkan cahaya latar sebagai hasil tampilan yang keluar.

Pada teknologi OLED yang digunakan oleh iPhone terdapat fitur true tone yang dapat menyesuaikan kecerahan secara otomatis di sekitarnya. Begitu juga pada layar dengan teknologi AMOLED.

Keunggulan Layar LCD OLED

Semakin populernya jenis LCD OLED yang digunakan pada produk keluaran Apple tentunya banyak yang menanyakan apa saja keunggulan dari layar LCD OLED ini. Jika kita telusuri lebih lanjut, pada website resmi Apple, informasi yang bisa kita dapatkan mengenai keunggulan dari teknologi layar OLED ini adalah memiliki hasil tampilan Super Retina dengan rentang dinamis yang tinggi.

Sehingga layar iPhone dengan spesifikasi layar super retina ini mampu menampilkan area gelap dan terang yang lebih luas pada foto maupun video atau bisa dikatakan memiliki sudut pandang yang lebih lebar atau field of view. Fitur ini pun bisa membuat hasil foto terlihat lebih hidup dengan warna yang lebih nyata pada layar.

Desain LCD OLED Lebih Simple

Layar LCD OLED disusun dengan desain yang lebih simple dan ringan sehingga tampilannya lebih tipis dan fleksibel hal ini disebabkan karena LCD tidak memerlukan sumber cahaya terpisah. Meskipun memiliki hasil tampilan cahaya yang lebih baik dan terang, LCD OLED nyatanya tidak cukup banyak menyita daya pada iPhone.

Kualitas gambarnya pun cukup baik dengan kontras rasio yang sangat tinggi dikelasnya. Tidak hanya pada tampilan saja, layar LCD OLED juga memiliki spesifikasi yang terbaik dikelasnya karena memiliki respon time cepat.

Nah, kita sudah ketahui bersama bahwa layar LCD OLED di iPhone memiliki spesifikasi dan keunggulan yang lebih dibandingkan dengan jenis LCD pada ponsel lain yang beredar di pasaran.

Untuk itu, jika Anda mengalami kerusakan pada LCD iPhone yang mengharuskan dilakukan pergantian pada komponen tersebut, pastikan Anda menggunakan suku cadang dengan kualitas terbaik, agar pengalaman menggunakan ponsel tetap nyaman dan menyenangkan.

Lalu bagaimana cara kita memiliki suku cadang LCD iPhone yang berkualitas?

Bagaimana Cara Memiliki LCD iPhone yang Berkualitas?

Kerusakan pada komponen LCD iPhone memang tidak bisa kita hindari, meskipun begitu kerusakannya pada komponen layar LCD masih bisa diatasi dengan suku cadang yang sesuai dengan kompatibel modelnya.

Akan tetapi sebelum Anda memutuskan untuk melakukan pergantian pada komponen LCD yang rusak, pastikan Anda sudah mengetahui step by step cara mengidentifikasi layar LCD iPhone dengan kualitas terbaik dan cara memilikinya. Berikut ini caranya:

1. Ketahui Spesifikasi Layar LCD iPhone

Hal ini sangat penting untuk membantu Anda mengetahui standar spesifikasi pada suku cadang pengganti layar LCD iPhone. Kita ambil contoh pada iPhone X ya, layar LCD-nya memiliki spesifikasi sebagai berikut:

source: support.apple.com

2. Identifikasi Spesifikasi Fisik

Setelah mengetahui spesifikasi pada layar, Anda juga harus memperhatikan bagaimana spesifikasi fisik pada suku cadang yang akan dibeli. Hal ini dilakukan untuk mencegah dan meminimalisir kerusakan atau kesalahan dalam pergantian. Dari bentuk presisi pada layar, fleksibel sampai model dan desainnya.

LCD iPhone 12 - Blog Brader

3. Ketahui Jumlah ppi LCD

Apa yang Anda ketahui tentang ppi? Jadi, ppi adalah banyaknya atau jumlah pixel per inch pada satu titik/pixel. Sehingga hal inilah yang akan membuat tampilan dan cahaya yang dihasilkan pada sebuah layar menjadi lebih baik dan bagus.

contoh jumlah ppi

Karena setiap layar LCD memiliki standar yang berbeda-beda maka sebelum memutuskan mengganti LCD tips ini wajib Anda ketahui. Karena suku cadang LCD yang bagus dan berkualitas pasti memiliki standar yang tidak jauh berbeda dengan standar layar LCD aslinya.

Berikut ini cara mengetahui skor ppi LCD iPhone X:

rumus ppi

Jadi jumlah pixel pada iPhone X adalah 1125 x 2436 nah bisa kita masukan rumusnya seperti ini:

A. 1125  B. 2436  C. 5.8

√1125+ 2463: 5.8

√1265265 ²+ √5934096² : 5.8

√7199721 : 5.8

2683/5.8= 4.62

Jadi jumlah standar ppi pada iPhone X adalah 4.62 sehingga layar pengganti juga harus memiliki standar tersebut sebagai bahan pertimbangan sebelum memutuskan penggantian layar LCD iPhone X.

Kesimpulan

Well, kesimpulannya adalah Apple memang selalu memberikan inovasi dan teknologi terbaru dengan maksimal dan tetap elegan. Sekarang kita semua sudah tau alasan iPhone memilih LCD OLED sebagai teknologi tampilan layarnya.

Begitu pula dengan kelebihan dan kekurangannya, dibandingkan dengan jenis LCD lain. Serta, mengetahui bagaimana cara memiliki suku cadang pengganti LCD iPhone yang sesuai dengan standar spesifikasi yang ada.

Lalu di mana Anda bisa mendapatkan suku cadang LCD dengan standar kualitas tersebut? Braderparts tempatnya, kami memiliki stok suku cadang LCD berkualitas terbaik dengan spesifikasi yang sesuai dan sama dengan aslinya.

CUMA di Braderparts, yang bisa kasih Anda jaminan garansi suku cadang terlama. Anda bisa langsung pilih LCD di bagian paling atas tab search. Lebih mudah, hemat, bergaransi dan berkualitas.

Leave a Reply